Negara Jamaika

Gambar Bendera Negara Jamaika

Jamaika adalah salah satu negara kepulauan yang terletak di kawasan laut Karibia, Amerika tengah. Negara penghasil bauksit terbesar di dunia ini merupakan pulau terbesar setelah Kuba dan Hispaniola di kawasan tersebut.

Profil Negara Jamaika
Nama resmiJamaika, Jamaica (Inggris)
Ibu KotaKingston
Bahasa resmiInggris
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RatuElizabeth II
Perdana MenteriAndrew Holness
Mata uangDolar Jamaika (J$) (JMD)
Internet.jm
Kode telepon+1-876

Pembentukan / Kemerdekaan
Kemerdekaandari Britania Raya
Diumumkan6 Agustus 1962

Latar belang
Negara Jamaika memiliki luas wilayah sekitar 10,991 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 2,890,299 jiwa. Negara yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lainnya ini bertetangga dengan Dominika, Kuba, Haiti, yang berada di sebelah utara, serta negara Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama terletak di sebelah selatan.

Jamaica Independence Act 1962 merupakan draf Konstitusi yang dibuat pada tahun 1962. Dengan hal tersebut Parlemen Inggris mengakui kemerdekaan politik Jamaika. Partai Rakyat Nasional (People's National Party) dan Partai Buruh Jamaika (Jamaica Labour Party) merupakan 2 partai politik dinegara salah satu anggota Caribbean Community (CARICOM) tersebut. Negara Jamaika dibagi atas 3 county, antara lain County Surrey, County Middlesex, dan County Cornwall. Ibu kota negara Jamaika yaitu Kingston berada di wilayah County Surrey.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Jamaika"

Posting Komentar