Negara Israel

Negara Israel

Israel adalah sebuah negara yang terletak di Timur Tengah yang dikelilingi oleh 2 daerah Otoritas Nasional Palestina, yaitu Jalur Gaza dan Tepi Barat. Sebuah negara yang dikenal sebagai satu-satunya negara Yahudi di dunia ini didirikan sebuah konsep zaman kuno Eretz Yisrael atau tanah israel sebagai pusat Yudaisme.

Profil Negara Israel
Nama resmiNegara Israel, מדינת ישראל, Medīnat Yisrā'el (Ibrani), دولة إسرائيل, Dawlat Isrā'īl (Arab).
Ibu KotaTel Aviv
Bahasa resmiHebrew
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenReuven Rivlin
Perdana MenteriBenjamin Netanyahu
Mata uangShekel Baru (₪) (ILS)
Internet.il dan ישראל.
Kode telepon+972

Pembentukan / Kemerdekaan
Diumumkan14 Mei 1948
Diakui1 Mei 1949

Latar belang
Negara Israel memiliki luas wilayah sekitar 22,072 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 8,912,230 jiwa. Wilayah negara yang masih memiliki konflik dengan Palestina ini dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir serta gurun pasir Sinai. Nama Israel kerap dikaitkan dengan kepercayaan selama 3 ribu tahun lebih sebagai Tanah Israel atau negara bagi orang Yahudi.

Atas persetujuan Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB di tahun 1947, wilayah palestina dibagai menjadi 2 negara yakni Israel dengan Yahudi-nya dan sebagian dikelola oleh beberapa negara Arab (Palestina). Meski pun rencana tersebut mendapat penolakan dari beberapa negara Arab, namun kemenangan Israel dalam peperangan melawan beberapa negara Arab seperti Mesir dan Yordania, negara Israel memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 14 Mei 1948. Meski pun hingga saat ini sebagian besar negara-negara PBB hanya mengakui Tel Aviv sebagai Ibukota Israel, namun hukum negara yang terkait dengan Kerajaan Yehuda ini mengklaim bahwa Yarusalem merupakan Ibukota negara mereka (Israel).

Artikel terkait

0 Response to "Negara Israel"

Posting Komentar