Negara Polandia

Polandia (Republik Polandia) || Warsawa
Bendera Negara Polandia

Polandia atau Republik Polandia adalah salah satu negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terletak di wilayah di Eropa Tengah. Polandia sangat dikenal di Indonesia karena memiliki corak dan warna sama dengan Indonesia (merah dan putih), hanya posisi warna yang berbeda putih merah (Polandia).

Profil Negara Polandia
Nama resmiRepublik Polandia, Rzeczpospolita Polska (Polandia)
Ibu KotaWarsawa
Bahasa resmiPolandia
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
PresidenAndrzej Duda
Perdana MentriMateusz Morawiecki
Mata uangZłoty (zł) (PLN)
Internet.pl
Kode telepon+48

Pembentukan
Kerajaan Polandia18 April 1025
Persemakmuran Polandia-Lituania1 Juli 1569
Pemisahan Polandia24 Oktober 1795
Kadipaten Warsawa22 Juli 1807
Kongres Polandia9 Juni 1815
Republik Polandia11 November 1918
Republik Rakyat Polandia8 April 1945
Republik Polandia13 September 1989

Latar belang
Dengan total luas wilayah 312.679 km2 dan jumlah penduduk sekitar 38,422,346 (2017), negara polandia berbatasan langsung dengan wilayah negara Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, Ceko dan Slowakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad), Lituania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon).

Asal usul nama "Polandia" berasal dari suku Slavic Barat Polans (Polanie) yang mendiami lembah sungai Warta dari wilayah Greater Poland yang bersejarah mulai pada abad ke-6. Asal muasal nama "Polanie" sendiri berasal dari kata "tiang" awal Slavia (bidang). Dalam beberapa bahasa, seperti Hungaria, Lithuania, Persia, dan Turki, peninggalan Polandia adalah Lechites (Lechici), yang berasal dari nama seorang penguasa semi-legendaris Polans, Lech I.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Polandia"

Posting Komentar