Negara Bahrain

Bahrain (Kerajaan Bahrain) || Ibu kota: Manama
Bendera Negara Bahrain

Bahrain atau Kerajaan Bahrain adalah sebuah negara arab yang berada di sekitar kawasan Teluk Persia. Negara kepulauan kecil ini berpusat di Pulau Bahrain, yang merupakan pulau terbesar negara Bahrain.

Profil Negara Bahrain
Nama resmiKerajaan Bahrain, مملكة البحرين, Mamlakat al-Baḥrayn
Ibu KotaManama
Bahasa resmiArab
Bentuk PemerintahanKesatuan parlementer monarki konstitusional
RajaHamad bin Isa Al Khalifa
Perdana MenteriKhalifa bin Salman Al Khalifa
Mata uangBahraini dinar (BHD)
Internet.bh
Kode telepon+973

Pembentukan
Pengumuman kemerdekaan14 Agustus 1971
dari Britania Raya15 Agustus 1971

Latar belang
Negara Bahrain memiliki populasi sekitar 1,425,171 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 765.3 km2. Negara yang tidak memiliki batas wilayah daratan ini bertetangga dengan Arab Saudi yang dihubungkan oleh Jembatan Raja Fahd, Qatar berjarak sekitar 50km, dan negara Iran disebrang teluk Persia.

Wilayah negara yang telah ditempati oleh manusia sejak zaman pra-sejarah ini termasuk kawasan strategis di Teluk Persia yang berpengaruh bagi orang-orang Assyria, Persia, Babilonia, Yunani, dan Arab. Negara yang dulu dikenal sebagai Dilmun atau Telmun ini sempat dikuasai Persia sebelum Portugis menguasainya pada tahun 1521, namun Persia merebutnya kembali pada tahun 1602. Selain terletak di wilayah yang memiliki kadar peningkatan harga minyak yang tinggi, negara yang pendapatan utamanya bersumber dari produksi dan pemrosesan minyak ini juga merupakan negara pertama pengirim minyak di Teluk Persia.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Bahrain"

Posting Komentar