Negara Bangladesh

Bangladesh (Republik Rakyat Bangladesh) || Ibu kota: Dhaka
Bendera Negara Bangladesh

Bangladesh atau Republik Rakyat Bangladesh adalah sebuah negara yang terletak di kawasan etno-linguistik Benggala di wilayah Asia Selatan. Benggala atau Bengalen atau disebut juga Bôngo (বঙ্গ), Bôngodesh (বঙ্গদেশ), Bangla (বাংলা), Bôngodesh (বঙ্গদেশ), atau Bangladesh (বাংলাদেশ) merupakan sebuah wilayah mayoritas penduduk Suku Bengali yang terbagi dua, yaitu Benggala Timur yang menjadi negara Bangladesh atau Republik Rakyat Bangladesh, dan Benggala Barat, yang masuk kedalam wilayah negara India.

Profil Negara Bangladesh
Nama resmiRepublik Rakyat Bangladesh, গণপ্রজাতন্ত্রী বাংলাদেশ, Gônôprôjatôntri Bangladesh (Bengali)
Ibu KotaDhaka
Bahasa resmiBengali
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenAbdul Hamid
Perdana MenteriSheikh Hasina
Mata uangTaka (৳) (BDT)
Internet.bd dan .বাংলা
Kode telepon+880

Pembentukan
Kemerdekaandari Pakistan
Pemisahan India14 Agustus 1947
Deklarasi Kemerdekaan26 Maret 1971
Pembebasan Bangladesh16 Desember 1971

Latar belang
Negara Bangladesh memiliki populasi sekitar 162,951,560 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 147,570 km2. Negara yang tidak memiliki jumlah penduduk terbesar ke-8 di dunia ini memiliki perbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, dengan Myanmar di tenggara, dan Teluk Benggala di selatan.

Peradaban di Benggala Raya diperkirakan telah ada sejak empat ribu tahun yang lalu. Kerajaan Gangaridai dibentuk pada abad ke-7 SM, kemudian disatukan dengan Bihar di bawah Kekaisaran Magadha, Nanda, Maurya, dan Sunga. Pada abad ke-3 hingga abad ke-6 Benggala menjadi bagian dari Kekaisaran Gupta dan Harsha.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Bangladesh"

Posting Komentar