Negara Belanda

Belanda (Kerajaan Belanda) || Ibu kota: Amsterdam
Bendera Negara Belanda

Belanda atau Nederland adalah sebuah negara yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat Laut dan tiga pulau di Karibia yang tergabung kedalam kerajaan Belanda. Kata Belanda (bahasa Indonesia) berasal dari kosakata Portugis yaitu holanda, olanda, wolanda, bolanda, yang menjadi Belanda. Negara yang dijuluki negara kincir angin ini pun terkenal dengan pemukiman terapung diatas laut.

Profil Negara Belanda
Nama resmiKerajaan Belanda, Koninkrijk der Nederlanden (Belanda)
Ibu KotaAmsterdam
Bahasa resmiBelanda
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RajaWillem-Alexander
Perdana MenteriMark Rutte
Mata uangEuro (€) (EUR)
Internet.nl
Kode telepon+31

Pembentukan
Kemerdekaandari Kekaisaran Spanyol
Republik Belanda26 Juli 1581
Perdamaian Westfalen30 Januari 1648
Republik Batavia19 Januari 1795
Kerajaan Hollandia5 Juni 1806
Aneksasi oleh Kekaisaran Perancis1 Juli 1810
Kerajaan Belanda16 Maret 1815

Latar belang
Negara Belanda memiliki populasi sekitar 17,200,671 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 41,543 km2. Negara berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur, serta disebrang laut adalah negara Inggris. Sesuai namanya Nederland (bahasa Belanda) yang memiliki arti negeri berdaratan rendah, karena permukaan tanahnya sangat rata dan hampir separuh wilayah negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Wilayah Nieuwerkerk aan den IJssel merupakan wilayah terendah yang berada 6.76 di bawah permukaan laut. oleh sebab itu beberapa kawasan direklamasi dan salah satu konstruksi yang terkenal adalah Afsluitdijk, tanggul sepanjang 32km dengan lebar 90m ini memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden.

Negara yang kini dikenal sebagai negara netral ini merupakan tuan rumah bagi Organisasi Pelarangan Senjata Kimia, serta 5 peradilan dunia antara lain Mahkamah Arbitrasi Permanen, Mahkamah Keadilan Internasional, Mahkamah Pidana Internasional, Pengadilan Internasional untuk Bekas Yugoslavia, dan Tribunal Khusus untuk Libanon. Meski demikian dahulu negri ini dikenal sebagai negri penjajah baik pemerintahannya maupun perusahaan-perusahaan swasta yang kala itu menjadi kekuatan ekonomi dunia seperti Vereeinigde Oost-Indische Compagnie atau disingkat menjadi VOC, yang sempat menguasai indonesia yang kala itu dikenal sebagai Hindia Belanda yang merupakan bagian koloni Belanda.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Belanda"

Posting Komentar