Negara Turki

Turki (Republik Turki) || Ibu kota: Ankara
Bendera Negara Turki

Turki atau Republik Turki adalah sebuah negara besar yang terletak di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia kawasan Asia Barat Daya hingga daerah Balkan di Eropa Tenggara. Negara ini juga termasuk sebuah negara yang banyak menyimpan perjalanan sejarah umat Muslim.

Profil Negara Turki
Nama resmiRepublik Turki, Türkiye Cumhuriyeti (Turki)
Ibu KotaAnkara
Bahasa resmiTurki
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenRecep Tayyip Erdoğan
Ketua Majelis AgungIsmail Kahraman
Mata uangLira Turki (₺) (TRY)
Internet.tr
Kode telepon+90

Pembentukan
Kesultanan Utsmaniyah1299
Pemerintahan sementara23 April 1920
Perjanjian Lausanne24 Juli 1923
Deklarasi Republik29 Oktober 1923

Latar belang
Negara Turki memiliki populasi sekitar 80,810,525 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 783,356 km2. Negara transkontinental memiliki perbatasan dengan Laut Hitam di utara, dengan negara Bulgaria di sebelah barat laut, Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat, sedangkan di timur laut berbatasan dengan, dengan negara Armenia, Azerbaijan, serta Iran di sebelah timur, Irak dan Suriah di tenggara, dan Laut Mediterania di sebelah selatan.

Bangsa Turki mulai bermigrasi ke wilayah negara Turki pada abad ke-11, terutama setelah kemenangan Seljuk di pertempuran Manzikert melawan Kekaisaran Bizantium. Pada tahun 1243, Seljuk dikalahkan oleh bangsa Mongol sehingga secara perlahan Dinasti Seljuk hancur. Namun salah satu beylik yang diperintah oleh Osman I mengembangkannya menjadi sebuah Kesultanan yang bernama Kesultanan Utsmaniyah, Kesultanan ini mampu memperluas wilayah ke seluruh Anatolia, Balkan, Levant hingga Afrika Utara. Di tahun 1453, Kekaisaran Utsmaniyah berhasil menaklukkan Kekaisaran Bizantium besarta menguasai ibu kotanya, yaitu Konstantinopel.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Turki"

Posting Komentar