Negara Burkina Faso

Burkina Faso || Ibu kota: Ouagadougou
Bendera Negara Burkina Faso

Burkina Faso adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika Barat yang terkurung daratan (landlocked). Negara landlocked atau negara yang wilayahnya yang terkurung oleh daratan tanpa memiliki pantai ini masih termasuk salah satu negara termiskin di dunia. Nama Burkina Faso dalam bahasa Dioula dan More memiliki arti sebagai Negara Orang Jujur. Dahulu negara ini bernama Volta Hulu sebelum diberikannya nama Burkina Faso oleh Presidennya saat itu pada 4 Agustus 1984.

Profil Negara Burkina Faso
Nama resmiRepublik Bulgaria, Република България, Republika Bǎlgarija (Bulgaria)
Ibu KotaOuagadougou
Bahasa resmiPerancis
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
PresidenRoch Marc Christian Kaboré
Perdana MenteriPaul Kaba Thieba
Mata uangFranc CFA Afrika Barat (CFA) (XOF)
Internet.bf
Kode telepon+226

Pembentukan
Kemerdekaan dari Perancis5 Agustus 1960

Latar belang
Negara Burkina Faso memiliki populasi sekitar 20,107,509 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 274,200 km2. Negara Burkina Faso berbatasan dengan negara Mali di sebelah utara, Togo dan Ghana di selatan, Niger di timur, Benin di tenggara, serta Pantai Gading di barat daya.

Burkina Faso dihuni manusia awalnya oleh pemburu-pengumpul di bagian barat laut negeri ini pada sekitar 12.000-5.000 SM. Jejak strukturnya peninggalan bangunan yang berkesa relatif permanen yang ditemukan diperkirakan muncul antara 3.600-2.600 SM. Negara yang juga sempat menjadi rumah bagi kerajaan masa lampau ini sebagian besar profesi rakyatnya adalah petani dan peternak.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Burkina Faso"

Posting Komentar