Negara Irak

Irak (Republik Irak) || Ibu kota: Baghdad
Bendera Negara Irak

Irak atau Republik Irak adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Timur Tengah atau Asia Barat Daya, yang meliputi ujung barat laut dari Pegunungan Zagros hingga bagian timur dari Gurun Suriah dan sebagian besar kawasan Mesopotamia. Negara yang memiliki banyak sejarah besar seperti Perang Teluk ini memiliki tokoh yang sangat terkenal didunia, yaitu Saddam Hussein Abd al-Majid al-Tikriti yang merupakan Presiden Irak ke-5 yang menjabat dari 16 Juli 1979 dan berakhir saat dirinya ditangkap oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat pada 9 April 2003.

Profil Negara Irak
Nama resmiRepublik Irak, جمهورية العـراق, Jumhūriyyat al-‘Irāq (Arab), كۆماری عێراق, Komar-i ‘Êraq (Kurdi)
Ibu KotaBaghdad
Bahasa resmiArab dan Kurdi
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenFuad Masum
Perdana MenteriHaider al-Abadi
Mata uangDinar Irak (د.ع) (IQD)
Internet.iq dan عراق.
Kode telepon+964

Pembentukan
Kemerdekaandari Britania Raya
Kerajaan3 Oktober 1932
Republik14 Juli 1958

Latar belang
Negara Irak memiliki populasi sekitar 37,202,572 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 437,072 km2. Negara Irak memiliki perbatasan dengan Kuwait dan Arab Saudi di selatan, dengan Yordania di barat, dengan Suriah di barat laut, Turki di utara, dan di timur berbatasan dengan negara Iran.

Asal usul penamaan Irak hingga kini masih menjadi perdebatan, namun sebagian meyakini nama tersebut berasal dari kota Uruk di masa Kerajaan Sumer. Bangsa Mongol menghancurkan kekuasaan Irak di tahun 1258, setelah itu terjadi beberapa kali ambil alih kekuasaan antara Persia dan Turki Usmani, meski pun sebelum mendapatkan kemerdekaannya Irak berada dalam kekuasaan Britania Raya.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Irak"

Posting Komentar