Negara Jepang

Jepang (Jepang) || Ibu kota: Tokyo
Bendera Negara Jepang

Jepang atau Nippon adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Timur. Negara ujung barat Samudra Pasifik yang dikenal sebagai negara Matahari terbit ini terdiri dari 6.852 pulau, adalah Hokkaido, Shikoku, Kyushu dan Honshu (pulau terbesar) menjadi pulau-pulau utama negara Jepang.

Profil Negara Jepang
Nama resmiJepang, 日本国, Nippon-koku atau Nihon-koku (Jepang)
Ibu KotaTokyo
Bahasa resmiJepang
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
KaisarAkihito
Perdana MenteriShinzō Abe
Mata uangYen (¥)/ En (円) (JPY)
Internet.jp dan .日本
Kode telepon+81

Pembentukan
Hari Pembentukan Negara11 Februari 660 SM
Konstitusi Meiji29 November 1890
Konstitusi Jepang3 Mei 1947
Perjanjian San Francisco28 April 1952

Latar belang
Negara Jepang memiliki populasi sekitar 126,672,000 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 377,972 km2. Negara yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain ini bertetangga dengan negara China, Korea selatan, Korea Utara, dan Rusia.

Berdasarkan penelitian arkeologi, negara yang dikenal sebagai rajanya teknologi Asia ini telah dihuni manusia purba sejak sekitar 600.000 tahun yang lalu atau pada masa Paleolitik Bawah. Pada periode Yayoi sekitar 300 SM, penduduk mulai mengenal teknologi baru seperti bercocok tanam padi di sawah dan teknik pembuatan perkakas dari besi serta perunggu. Pada abad pertengahan, merupakan zaman feodalisme perebutan kekuasaan antar kelompok penguasa yang terdiri dari ksatria yang disebut samurai. Negara yang sempat menjadi negara penjajah ini sempat terguncang keadaannya tatkala Amerika Serikat menghancurkan 2 kota pentingnya, yaitu Nagasaki dan Hirosima dengan Bom Nuklir pada tahun 1945. Kejadian tersebut sempat mengguncangkan yang mengakhiri Perang Dunia ke-2, dan Jepang merupakan negara yang ikut andil dalam Perang Dunia melawan Sekutu.

Artikel terkait

0 Response to "Negara Jepang"

Posting Komentar